WeCreativez WhatsApp Support
PT. Bangun Renov Indonesia
Perlu bantuan ?
  • 6 Hal Jangan Dilakukan jika Ingin Mengecat Rumah agar Hasil Maksimal

6 Hal Jangan Dilakukan Saat Mengecat Rumah Agar Hasil Maksimal

Proses mengecat rumah adalah suatu proses yang wajib diperhatikan betul. Bukan hanya soal pemilihan cat, pemilihan warna atau dalam hal kerapian saja akan tetapi juga penting untuk mengetahui hal-hal yang perlu dihindari ketika mengecat rumah. Jika hal-hal seperti di bawah ini tidak diperhatikan, mungkin saja hasil dari pengecatan tembok rumah anda menjadi terlihat tidak bagus dan warnanya juga terlihat kusam atau tidak awet.

Kegiatan mengecat tembok rumah memang dinilai susah-susah gampang. Jika dilihat dengan seksama, kegiatan ini terlihat begitu mudah karena hanya perlu mengoleskan warna cat yang berbentuk zat cair menggunakan kuas atau roll yang bisa disesuaikan dengan bidang yang akan dicat. Akan tetapi pada praktiknya jika mengecat rumah tidak dilakukan oleh orang yang ahli maka hasilnya tidak akan bagus, seperti warna yang tidak rata contohnya.

Hal yang Wajib Diperhatikan saat Mengecat Rumah

Ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan sebelum memulai proses mengecat rumah. Seperti dalam hal pemilihan warna cat, pemerataan warna ataupun memperhatikan pentingnya mencoba warna cat terlebih dahulu sebelum betul-betul dipilih dan diaplikasikan ke tembok rumah anda. Beberapa hal tersebut akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini. ada apa saja?

  • Hindari Memilih Warna Gelap

Hal pertama yang wajib anda perhatikan adalah soal pemilihan warna. Sebaiknya berhati-hati dengan pemilihan warna gelap karena biasanya warna cat akan terlihat jauh lebih gelap ketika sudah diaplikasikan ke bidang. Bahkan warna cat akan terlihat semakin gelap ketika cat sudah mengering.

Hal ini akan membuat bidang yang diberi warna cat terlihat gelap, suram dan menurut psikologi akan menampilkan hal yang kurang positif atau kurang membawa sugesti suram dan tidak bersemangat.

  • Perhatikan Pemilihan Warna Biru atau Merah Muda

Warna seperti biru dan merah muda banyak dipilih karena dianggap menampilkan warna yang cerah dan juga terlihat terang. Akan tetapi perlu diperhatikan juga jika warna biru dan merah muda menampilkan kesan kekanak-kanakan, jadi sesuaikan pemilihan warna cat dengan ruang yang akan digunakan.

Hindari penggunaan warna merah muda dan juga biru pada area ruang kerja atau ruang belajar karena warna ini secara psikologis tidak bagus untuk konsentrasi dan juga tidak menghasilkan warna cahaya yang bagus ketika terpantul sinar lampu, sementara ruang kerja atau ruang belajar memerlukan pencahayaan yang bagus untuk konsentrasi dan kesehatan mata.

(Baca juga : Pilihan Warna Cat Dinding yang Terbukti Dapat Memperbaiki Suasana Hati )

  • Tidak Mencoba Warna Cat Terlebih Dahulu

Kesalahan lain yang banyak dilakukan ketika proses mengecat rumah adalah hanya melihat contoh warna pada panel saja akan tetapi tidak mencobanya terlebih dahulu pada bidang dinding. Terkadang warna yang dihasilkan ketika mengecat atau memoleskan warna pada dinding berbeda dengan ketika melihat contoh warna pada panel yang disediakan.

Umumnya warna cat akan terlihat lebih gelap setelah proses pengecatan selesai atau ketika warna sudah kering. Perbedaan warna asli dan juga pada contoh panel juga akan terlihat berdasarkan warna dasar dari semen yang digunakan atau ketika dinding masih dalam warna dasarnya.

  • Perhatikan Aksen Dinding atau Aksesoris yang Tertempel

Selain dalam hal pemilihan warna dan urusan coba mencoba, anda juga harus memperhatikan beberapa aksen dinding atau aksesoris yang tertempel di dinding rumah. Seperti misalnya pigura foto, lukisan, rak gantung ataupun mural yang akan digambar di dinding. Semua pernak-pernik itu harus disesuaikan dan juga diperhatikan sebelum mengecat dinding rumah.

Anda harus betul-betul melihat apakah warna cat yang dipilih cocok dengan aksen dan aksesoris yang ada di dinding. Jangan sampai warna dinding justru membuat aksen dan aksesoris itu menjadi terlihat mengganggu atau kurang indah. Disarankan untuk memilih warna yang terang untuk menghindari warna dinding yang menjadi lebih gelap.

  • Sesuaikan Warna Cat dengan Ukuran Ruang

Warna cat juga sangat berpengaruh pada kelegaan sebuah ruang. Untuk spasi atau ukuran ruang yang lebih kecil, disarankan untuk memilih warna yang terang atau cerah karena warna yang cerah akan membuat ukuran ruang terlihat lebih luas. Selain itu warna cerah atau terang juga akan memantulkan cahaya dengan lebih baik sehingga menimbulkan efek lebih lega.

  • Mengabaikan Langit-langit ruang

Tak jarang ketika mengecat rumah, bagian langit-langit ruang seringkali dilupakan. Mengecat bagian langit-langit ruang sangat penting untuk dilakukan agar warna rumah tidak terkesan berat sebelah dan membuat cahaya pada ruang bisa terpantul lebih baik. Disarankan untuk memilih warna terang seperti warna putih untuk mengecat bagian langit-langit ruang.

Di atas adalah beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan dalam proses mengecat rumah. Pemilihan warna bisa dilakukan dengan memilih warna yang anda sukai tapi perhatikan juga komposisi ruang agar terlihat lebih menarik dan juga nyaman untuk ditinggali.

Salam,

Team Bangunrenov

September 28th, 2019|berita|Comments Off on 6 Hal Jangan Dilakukan Saat Mengecat Rumah Agar Hasil Maksimal