WeCreativez WhatsApp Support
Online
Hallo, Perlu bantuan ?
  • toko rumah pinggir jalan

Cara Efektif Redam Suara Berisik Rumah Pinggir Jalan

Memiliki rumah di pinggir jalan ada enaknya dan tidaknya. Akses jalan akan memudahkan Anda untuk melakukan mobilitas, namun tingginya mobilitas tersebut bisa membuat Anda terganggu. Untuk itu Anda perlu menggunakan cara yang efektif meredam suara berisik untuk rumah pinggir jalan agar tidak terganggu dengan kondisi ramainya kendaraan.

Hal ini juga akan berpengaruh pada kenyamanan seluruh anggota keluarga ketika di rumah. Setelah seharian beraktivitas tentu Anda ingin merasakan kebahagiaan dan kehangatan menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, Anda juga bisa saja memiliki kualitas tidur yang menurun jika lingkungan terlalu berisik. Untuk itu Anda perlu menerapkan cara yang tepat agar bisa meredam suara bising.

Berikut Beberapa Cara Meredam Suara Berisik Rumah Pinggir Jalan

Rumah yang lokasinya di pinggir jalan memang memiliki nilai investasi yang lebih besar dibandingkan dengan rumah yang ada di gang. Selain itu rumah di pinggir jalan akan lebih mudah di jual ketika Anda sudah tidak menggunakannya. Namun selain berbagai keuntungan tersebut, rumah di pinggir jalan juga memiliki banyak kekurangannya.

Beberapa kekurangannya adalah berisik, mudah terkena debu, perabotan cepat usang dan lain sebagainya. Kondisi kotor bisa diatasi dengan cara membersihkannya kembali secara teratur. Namun untuk kebisingan tentu sudah merupakan resiko rumah di pinggir jalan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa menerapkan cara efektif redam suara berisik rumah pinggir jalan di bawah ini.

  1. Gunakan peredam suara pada bagian lantai

Gabus peredam rumah pinggir jalan

Menempatkan peredam pada bagian lantai akan membantu Anda untuk menghindari kebisingan. Selain menggunakan keramik, sebaiknya Anda juga menggunakan bahan khusus lain untuk meredam suara.

Selain meredam suasana, peredam lantai ini bisa berfungsi untuk mengurangi getaran ketika ada kendaraan berat yang melintas. Biasanya peredam terdiri dari tiga jenis yaitu karpet, kayu dan gabus. Anda bisa memasang peredam pada bagian bawah atau atas keramik.

  1. Jangan memasang paving di halaman

paving blok rumah

Untuk rumah pinggir jalan, Anda tidak perlu menutup bagian halaman rumah dengan menggunakan paving. Hal tersebut dikarenakan paving mampu menyerap suara yang masuk dan membuat rumah menjadi lebih bising. Sebagai penggantinya, Anda bisa menggunakan rumput-rumput berwarna hijau untuk menutup halaman rumah.

Selain itu tanaman hijau akan membuat rumah Anda terasa segar dan terkesan sejuk. Dengan begitu suasana rumah Anda akan terasa lebih nyaman.

  1. Pasang dinding peredam yang lebih tebal

Panel akustik suara rumah

Salah satu cara terbaik meredam suara bising rumah adalah dengan memasang peredam pada dinding ruangan. Anda bisa menggunakan panel akustik untuk memberikan kenyamanan pada ruangan. Panel akustik sudah banyak dijual di toko bangunan.

Pada panel ini terdapat lubang yang digunakan untuk menyerap suara yang berasal dari luar rumah. Hal ini memungkinkan suara bising tidak masuk sampai ke rumah. Selain digunakan untuk bagian dinding, peredam juga bisa Anda letakkan pada plafon rumah.

  1. Buat pagar yang tinggi

pagar rumah modern

Kebanyakan hunian yang terdapat di pinggir jalan biasanya memiliki pagar yang tinggi sehingga terkesan tertutup. Selain memberikan keamanan, ternyata pembentukan pagar tinggi ini bisa mengatasi debu dan membuat penghuni bisa lebih nyaman karena terhindar dari suara bising. Kurangnya rongga-rongga pada pagar, membuat suara bising tidak bisa masuk ke rumah.

  1. Jangan salah memilih gorden

gorden beludru modern rumah pinggir jalan

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meredam suara bising dari luar adalah dengan memasang gorden. Untuk lebih maksimal meredam suara, Anda bisa menggunakan gorden dari bahan beludru atau wol.

Pada bagian dalam, lapisi bagian dalam gorden dengan kain lain yang tipis. Hal ini dilakukan agar sinar matahari dan udara tidak bisa masuk ke ruangan. Dengan begitu kondisi rumah akan terasa lebih nyaman dan tidak terlalu bising meskipun letaknya di pinggir jalan.

  1. Buat taman yang rimbun di sekeliling rumah

Tukang Taman Minimalis bandung

Mungkin sekilas hal ini tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang, namun membuat taman yang rimbun di sekitar rumah bisa berfungsi efektif mengurangi bising. Pohon bisa menyerap suara kemudian memantulkannya lagi keluar. Dengan begitu maka suara tidak akan masuk ke dalam rumah.

Selain pohon besar, Anda juga bisa melengkapi taman dengan rumput hias atau bunga-bunga indah yang bisa membuat udara di sekitar rumah lebih terasa segar.

  1. Perhatikan posisi jendela dan pintu

desain rumah pinggir jalan

Desain rumah berbentuk kotak seperti biasa akan membuat suara mudah terserap dan menghasilkan kebisingan. Untuk itu jika Anda berencana untuk membuat rumah di pinggir jalan, cobalah untuk menggunakan desain unik seperti bentuk U atau L. Jangan lupa untuk meletakkan posisi jendela dan pintu agar tidak menghadap ke jalan raya.

Cara meredam suara berisik rumah pinggir jalan diatas bisa Anda mulai terapkan agar bisa memberikan kenyamanan yang lebih untuk seluruh anggota keluarga. Semakin nyaman sebuah rumah, maka akan membuat seluruh anggota keluarga menjadi betah dan suka menghabiskan waktu di rumah. Dengan begitu Anda bisa mengukir berbagai kenangan indah bersama keluarga secara berkualitas.

Salam,

Team Bangunrenov

April 30th, 2020|berita|Comments Off on Cara Efektif Redam Suara Berisik Rumah Pinggir Jalan