Rekomen! 3 Tipe Rumah Minimalis untuk Milenial Mau Beli Rumah

Rekomen! 3 Tipe Rumah Minimalis untuk Milenial Mau Beli Rumah

Tipe rumah minimalis – Bagi generasi milenial, bahan perbincangan seputar tipe rumah idaman memang sangat menarik untuk diulas.

Sekarang ini jumlah generasi milenial di Indonesia telah mencapai sekitar 90 juta atau 34,45 persen dari total jumlah penduduk negara ini.

Generasi milenial merupakan kelompok orang yang lahir dalam rentang tahun 1980-an hingga 1997.

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan generasi milenial di sebuah negara memiliki daya pikat tersendiri.

tipe rumah minimalis

Generasi milenial dapat berpengaruh terhadap iklim politik dan ekonomi Indonesia. Namun, generasi satu ini juga dicap boros dari segi keuangan karena lebih mementingkan gaya hidup dibandingkan dengan investasi.

Setidaknya baru 35% milenial yang sudah memikirkan untuk berinvestasi dalam bentuk rumah. Sedangkan 65% sisanya belum begitu tertarik untuk membeli.

Perlu diingat, rumah adalah salah satu aset berharga yang wajib dimiliki setiap orang. Selain karena fungsi dari rumah yang begitu vital, memutuskan investasi dalam bentuk rumah merupakan pilihan yang sangat tepat.

Bagi kalian generasi milenial yang tengah bingung memilih tipe rumah idaman yang cocok, berikut tipe hunian bagi milenial yang bisa dipilih.

Tipe Rumah Minimalis yang Direkomendasikan Bagi Milenial

 

1. Tipe Rumah 21/40

Tipe rumah 21 merupakan opsi hunian dengan dimensi terkecil yang umumnya ditawarkan oleh para pengembang properti, dengan luas sekitar 21 meter persegi yang umumnya berdimensi 3 x 7 meter.

Konstruksi ini biasanya mencakup satu carport yang tidak tertutup, dua kamar tidur, satu ruang yang bersifat multi-fungsi yang dapat digunakan sebagai dapur dan ruang makan atau sebagai ruang tamu, serta satu kamar mandi.

Desain rumah ini cenderung minimalis, dengan beberapa unit hanya menyediakan :

– 1 kamar tidur

– 1 dapur

– 1 kamar mandi

– 1 Ruang tamu

tipe rumah minimalis

Properti jenis ini juga sering kali dijadikan sebagai aset investasi dengan cara menyewakannya, mengingat ukuran dan harganya yang relatif lebih terjangkau menjadikannya pilihan yang populer untuk disewakan.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Gorden Rumah Minimalis Agar Terlihat Lapang

Salah satu alasan utama rumah tipe 21 menjadi favorit adalah harganya yang ekonomis, menjadikannya pilihan yang ideal bagi kalangan dengan pendapatan menengah ke bawah.

Rumah tipe ini menawarkan kesempatan untuk memiliki tempat tinggal pribadi yang efisien dan ekonomis sebelum harga properti meningkat lebih lanjut.

2. Tipe Rumah 36/60

Bagi Anda yang baru membina rumah tangga dan mencari hunian yang nyaman serta proporsional, rumah tipe 36 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Apa itu rumah tipe 36? Ini adalah jenis rumah yang dibangun dengan total luas bangunan mencapai 36 meter persegi.

Umumnya, rumah tipe ini didirikan di atas lahan dengan luas minimal 60 meter persegi hingga maksimal 72 meter persegi.

Rumah-rumah dengan desain ini kebanyakan menawarkan :

– 2 kamar tidur

– 1 ruang tamu

– 1 ruang keluarga

– 1 dapur

– 1 kamar mandi

tipe rumah minimalis

Berbeda dengan rumah tipe 21 yang lebih kecil, rumah tipe 36 umumnya lebih sesuai untuk keluarga yang sedang berkembang, yang membutuhkan ruang yang lebih luas untuk kenyamanan semua anggota keluarga.

Dari banyaknya variasi tipe rumah yang ada di pasaran, tipe 36 sering menjadi pilihan yang paling diminati karena ukurannya yang dianggap ideal dan mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

3. Tipe Rumah 45/70

Konsep desain rumah tipe 45 yang minimalis terasa lebih adaptif dan praktis karena denahnya yang sederhana, praktis, dan maksimal dalam pemanfaatan ruang.

Dengan ukuran yang tergolong luas, rumah tipe 45 ini bisa disusun menjadi sebuah hunian yang memiliki :

– 2 kamar tidur

– 1 kamar mandi.

– 1 ruang tamu

– 1 ruang keluarga

– 1 dapur

– 1 taman

– 1 carport

Ruang keluarga bisa diatur menjadi area utama untuk kumpul keluarga dan bersantai, terutama di malam hari atau selama akhir pekan.

Baca Juga :  Cara Siasati Rumah Minimalis Terlihat Luas dgn Furnitur Multifungsi

Selain itu, dengan desain yang elegan namun sederhana, rumah tipe 45 ini masih memberi peluang untuk menambahkan teras kecil atau taman mini yang asri di bagian depan rumah Anda.

===================

Hal yang Perlu di Perhatikan Saat Membeli Rumah

1. Harga Rumah

 

Generasi milenial memang dinilai lebih boros ketimbang generasi sebelumnya. Untuk bisa membeli rumah, milenial harus menyesuaikan kondisi keuangannya.

Saat ini, tidak ada harga rumah yang murah. Hampir semua rumah yang dijual dipatok dengan harga ratusan juta.

Harga Tipe – 21/27 = Rp. 170.000.000

Harga Tipe – 36/60 = Rp. 290.000.000

Harga Tipe – 45/70 = Rp. 420.000.000

Bagi milenial, paling tidak bisa membeli rumah dengan harga tak lebih dari Rp. 450 juta.

Apabila anda rajin melakukan pencarian, sebenarnya masih ada rumah yang dijual dengan harga Rp. 150 juta sampai Rp. 350 jutaan.

Di beberapa daerah tanah air, rentang harga rumah dengan nominal Rp. 170 juta sampai Rp. 350 juta mungkin sudah cukup luas. Namun apabila anda mencari hunian di daerah perkotaan,

harga rumah tersebut hanya untuk tipe-tipe rumah yang paling mentok untuk tipe 36. Yang jelas, niatkan terlebih dahulu untuk membeli rumah dan segera siapkan uangnya!.

2. Memiliki Akses yang Baik

Dengan memilih akses yang baik hunian tersebut, anda tentu bisa tinggal nyaman tanpa perlu mengeluh fasilitas umum yang sering terkena gangguan.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, tipe hunian paling pas bagi generasi milenial adalah tipe rumah yang mampu memberikan akses seluas-luasnya.

Mobiliitas generasi milenial memang dinilai cukup tinggi. Ada milenial yang bekerja di pusat kota hingga melakukan aktivitas dan hobi yang mengharuskan mereka pulang dan pergi cukup intens.

Baca Juga :  Cara Siasati Rumah Minimalis Terlihat Luas dgn Furnitur Multifungsi

Oleh sebab itu, pilihlah hunian rumah yang mudah dijangkau oleh transportasi konvensional maupun daring.

3. Fasilitas Internet

Untuk masalah fasilitas, tipe hunian bagi kaum milenial tentu tidak jauh-jauh dari gadget dan layanan teknologi. Sebagian besar milenial saat ini hidup di era teknologi canggih.

Baik itu era smartphone, era internet kencang, hingga era revolusi 4.0. Pada intinya, harus tersedia jaringan internet baik untuk menunjang kerja atau pun kebutuhan lainnya.

4. Keamanan Lingkungan

Apabila anda memilih untuk tinggal di daerah kompleks atau klaster, anda bisa memilih hunian dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang terjamin.

Sekarang ini, banyak hunian rumah yang sudah terjaga keamanannya selama 24 jam hingga lingkungannya yang asri dan bersih.

5. Bebas Banjir

Setiap orang tentu mendambakan sebuah rumah yang terhindar dari banjir. Tak satu pun mengharapkan tinggal di tempat yang rentan tergenang banjir.

Itulah sebabnya, permintaan akan hunian di area yang aman dari banjir sangatlah besar.

Khususnya bagi generasi milenial yang saat ini tengah giat mencari tempat tinggal, keberadaan rumah yang terbebas dari ancaman banjir tampaknya telah menjadi salah satu syarat utama.

Karena itu, rumah yang terjamin keamanannya dari banjir menjadi pilihan utama bagi para milenial.

=========================

Selain akan memudahkan anda dalam mengakses transportasi, lokasi rumah yang memiliki akses mudah dijangkau dapat memberikan manfaat secara ekonomi dan juga fisik.

Itulah beberapa kriteria 3 tipe rumah minimalis yang bisa dimiliki oleh generasi milenial. Untuk bisa mendapatkan rumah idaman tersebut,

anda harus mengubah gaya hidup dari yang sebelumnya suka menghabiskan uang menjadi sesuatu yang produktif.

Paling tidak, anda juga perlu menabung untuk mendapatkan tipe hunian yang cocok menurut anda.

Salam,

Team Bangunrenov