WeCreativez WhatsApp Support
Layanan Konsultasi Bangunrenov
Perlu bantuan ?
  • 4 Batu Alam Bernuansa Sejuk Mempercantik Bangunan Rumah Mewah

4 Jenis Batu Alam Bernuansa Mewah Mempercantik Bangunan Rumah

Ada banyak sekali jenis batu alam yang terdapat di dunia ini. Sesuai dengan namanya, batu alam adalah bebatuan yang tercipta atau terbentuk oleh alam. Batu alam memang seringkali digunakan  sebagai bahan bangunan. Menggunakan batu alam sebagai bahan bangunan rumah mampu memberikan efek mewah dan natural. Batu-batu alam tersebut bisa digunakan di dalam rumah maupun di luar rumah.

Batu alam ini banyak jenisnya, namun dari berbagai jenis bebatuan alam tersebut tidak semua bisa digunakan sebagai bahan bangunan. Batu alam yang kuat dan kokoh atau memiliki ketahanan tinggi tentu lebih tepat digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Tidak hanya itu, pemilihan motif atau corak batu yang tepat, ini juga sangat penting karena menyangkut nilai seni dan estetika.

Fungsi dan Kegunaan Batu Alam sebagai Bahan Bangunan Rumah

Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, batu alam bisa dikelompokkan ke dalam tiga jenis. Pertama tentu batu alam yang digunakan untuk konstruksi bangunan, kemudian ada bebatuan dari alam untuk media, dan yang terakhir adalah batu alam yang termasuk ke dalam golongan batu mulia. Bagi anda yang penasaran apa saja batu alam yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan, dibawah ini jenis-jenisnya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, batu alam yang bisa digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan ini tidak sembarangan. Karena digunakan untuk menopang sebuah bangunan, batu alam tersebut harus batu yang kokoh. Sedangkan batu alam untuk media biasanya sering digunakan pada bangunan rumah mewah karena lebih mengutamakan corak yang dimilikinya dan berkaitan dengan nilai seni. Khusus untuk batu alam sebagai batu mulia biasanya memiliki harga dan nilai seni yang tinggi.

Berikut Beberapa Jenis Batu Alam Berdasarkan Proses Pembentukannya

Setiap batu alam memiliki karakteristik masing-masing. Penggunaan batu alam harus disesuaikan dengan kebutuhan. Misalkan untuk batu alam sebagai bahan bangunan rumah, haruslah batu dengan karakteristik yang kokoh dan memiliki nilai seni atau corak yang unik, termasuk kategori batu alam bernuansa sejuk. Jika dilihat dari proses terciptanya batu alam, ada tiga jenis bebatuan alam yang bisa anda ketahui.

Batu alam yang pertama adalah batuan beku. Seperti namanya, batuan beku ini adalah batuan alam yang tercipta akibat dari pembekuan lahar. Akibat tekanan tinggi dari dalam perut bumi, cairan magma tersebut keluar dari dalam bumi atau disebut lahar. Lahar akan mengalami pendinginan dan akhirnya membeku. Magma atau lahar yang membeku tadi lakhirnya menciptakan batuan beku.

Batuan beku tadi ternyata masih dibagi lagi ke dalam dua jenis. Jenis batuan beku yang pertama adalah batuan beku dalam. Batuan beku dalam adalah batuan beku yang tercipta dari proses pembekuan di dalam bumi. Jenis yang kedua adalah batuan beku luar dimana proses pendinginan dan pembekuannya terjadi di atas permukaan tanah. Tidak semua batuan beku bisa digunakan sebagai bahan bangunan.

Batuan sedimen adalah jenis bebatuan alam yang kedua. Sedimen atau sedimentasi adalah kata lain dari proses pengendapan. Batuan sedimen tentu adalah batuan alam yang tercipta akibat adanya proses pengendapan. Dalam prosesnya, pengendapan batuan ini bisa diakibatkan oleh angin, air dan gletser atau es. Batuan sedimen ini memiliki banyak material pembentuknya.

(Baca juga : Tips Apik Memilih Gorden pada Rumah Minimalis Agar Terlihat Lapang)

Material atau bahan yang mengalami proses sedimentasi bisa berasal dari batuan beku yang mengalami pelapukan. Proses sedimentasi ini tentu terjadi dalam kurun waktu yang cukup panjang mulai dari puluhan hingga ratusan tahun. Beberapa jenis batuan alam sedimentasi yang sering digunakan konstruksi bangunan diantaranya sepeti batu konglomerat, limestone, sandstone dan beberapa macam batu alam yang lain.

Batuan terakhir berdasarkan proses pembentukannya adalah batuan metamorf. Dari beberapa jenis batuan alam, batuan metamorf sering digunakan sebagai bahan interior rumah karena memiliki corak yang indah. Hal tersebut dapat terjadi karena batuan metamorf terbentuk dari proses rekristalisasi batuan beku. Proses tersebut membuat partikel penyusun batuan tadi berubah sehingga menghasilkan corak yang indah.

4 Batu Alam yang Kerap Digunakan sebagai Bahan Bangunan Rumah

Memilih batu alam untuk bahan bangunan rumah mewah tentu tidak bisa dilakukan begitu saja. Ada banyak kriteria yang harus anda perhatikan termasuk kondisi dari batu alam itu sendiri. Supaya anda tidak bingung, berikut ini beberapa macam jenis bebatuan alam yang sering digunakan sebagai bahan bangunan.

1. Batu alam yang pertama adalah batu marmer. Marmer memiliki corak yang menarik dan kokoh.

4 Jenis Batu Alam Bernuansa Mewah Mempercantik Bangunan Rumah

2. Batu templek memiliki corak yang sedikit berbeda karena mampu memberikan kesan indah nan menarik.

4 Jenis Batu Alam Bernuansa Mewah Mempercantik Bangunan Rumah 2

3. Batu koral juga sering digunakan sebagai interior bangunan rumah mewah. Anda bisa meminta batu koral pada dasar area taman atau tempat lain.

4 Jenis Batu Alam Bernuansa Mewah Mempercantik Bangunan Rumah 3

4. Batu granit juga sering digunakan sebagai ubin karena memiliki warna yang menarik.

4 Jenis Batu Alam Bernuansa Mewah Mempercantik Bangunan Rumah 4

Itulah tadi beberapa rekomendasi jenis batuan alam bernuansa sejuk yang bisa anda pilih sebagai bahan bangunan rumah mewah.

Salam, Bangunrenov ( Jasa Kontraktor Bangunan )

 

April 15th, 2019|Tips|Comments Off on 4 Jenis Batu Alam Bernuansa Mewah Mempercantik Bangunan Rumah