WeCreativez WhatsApp Support
PT. Bangun Renov Indonesia
Perlu bantuan ?
  • Ini Dia Cara Memasang Keramik Lantai Rumah Tanpa Bantuan Tukang

5 Cara Memasang Keramik Lantai di Rumah Tanpa Bantuan Tukang

Mengetahui cara memasang keramik lantai rumah memang sering menjadi opsi bagi keluarga baru yang ingin memasang alas lantai rumah mereka. Pemasangan keramik tidak hanya digunakan untuk kamar mandi, namun bisa juga diaplikasikan di ruang tamu maupun ruang tidur. Keramik memang terkesan membuat rumah menjadi lebih mewah dan bersih serta keramik bisa mendatangkan nuansa sejuk di dalam rumah.

Anda bisa memasang keramik sendiri di rumah tanpa bantuan tukang, tentunya dengan memahami tata cara bagaimana mengaplikasikan keramik dengan benar. Hal ini dikarenakan instalasi keramik membutuhkan kehati-hatian yang ekstra untuk mengurangi resiko kesalahan pada saat pemasangan. Selain itu, dengan melakukannya sendiri mampu mengurangi pengeluaran Anda dikarenakan tidak perlu mengeluarkan biaya memanggil tukang bangunan.

Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum Anda menginstalasi keramik tanpa bantuan tukang, Anda tentunya harus mempersiapkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan. Pertama, Anda perlu membeli keramik di toko bangunan terdekat. Anda bisa memilih keramik sesuai ukuran dan model yang Anda sukai. Dalam memasang keramik, tentunya Anda perlu melebihkan jumlah keramik yang akan Anda beli. Untuk berjaga-jaga, lebihkan lah sekitar 10% dari total keramik yang dibutuhkan.

Cara memasang keramik lantai rumah dengan benar tentunya membutuhkan berbagai macam peralatan dan material khusus yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan instalasi. Peralatan dan material yang dibutuhkan antara lain semen yang digunakan khusus pada keramik, papan applicator, serta nat keramik untuk bagian finishing-nya. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan tile spacer agar keramik terpasang secara simetris.

Teknik Memasang Keramik Sendiri dengan Mudah

1. Setelah Anda mempersiapkan segala peralatan dan material yang dibutuhkan, tahap pertama cara memasang keramik lantai yaitu mengukur luas ruangan yang akan dipasangi keramik. Mengukur luas lantai bisa dilakukan dengan menggunakan meteran. Gunakanlah benang untuk menentukan jalur pemasangan keramik. Penggunaan benang bermanfaat untuk menghindari resiko pemasangan keramik yang tidak lurus dan tidak simetris. Selain itu, benang biasa digunakan untuk mengatur jarak keramik agar tetap sama.

Ini Dia Cara Memasang Keramik Lantai Rumah Tanpa Bantuan Tukang

 

2. Sebelum memasang keramik ke lantai yang telah diukur dan dipasangi benang, cobalah untuk mengatur tata letak keramik tanpa semen terlebih dahulu. Anda bisa mencoba memasang keramik dari bagian tengah ke bagian yang lainnya dan menggunakan tile spacer sebagai pembatas antar keramik. Cara memasang keramik lantai rumah dengan benar tentunya perlu mengetahui apakah keramik dapat dipasang secara utuh.

3. Setelah keramik dipercobakan instalasinya pada lantai rumah, Anda perlu merendam keramik terlebih dahulu sebelum ditempelkan menggunakan semen ke lantai. Hal ini digunakan agar pori-pori keramik mampu menyerap air. Di samping itu, dengan merendam keramik bisa membuat keramik menjadi lentur sehingga keramik tidak mudah lepas pada saat dipasangkan ke lantai rumah nantinya.

4. Pada saat Anda akan memasang keramik, aplikasikan semen di lantai yang akan dipasangin keramik. Semen yang digunakan tentunya harus sudah dicampur dengan air dan tidak ada kerikil yang ikut masuk dalam campuran semen. Pemasangan keramik yang tepat yaitu dengan memasangnya satu per satu di area yang telah ditentukan. Penggunaan papan applicator pada saat pemasangan keramik dilakukan dengan mengoles tipis semen.

Ini Dia Cara Memasang Keramik Lantai Rumah Tanpa Bantuan Tukang

5. Setelah mengoleskan semen, tempelkan keramik ke permukaan lantai yang telah diolesi semen dengan memberikan sedikit tekanan. Apabila Anda sudah selesai menempelkan keramik hingga satu baris ataupun satu area, gunakan sebuah benda dengan permukaan rata untuk menekan keramik sekali lagi agar terpasang kuat. Selain agar terpasang kuat, hal ini juga dilakukan agar keramik memiliki tinggi yang sama.

Melatih Kerjasama Saat Bersama Anggota Keluarga

Setelah serangkaian pemasangan keramik dilakukan, hal terakhir yang perlu dilakukan sebagai finishing yaitu mengoleskan nat keramik. Pengaplikasian nat keramik pada permukaan keramik yang sudah dipasang sangatlah mudah. Pengolesan nat keramik ini bisa dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya. Nat keramik yang akan digunakan harus dicampur air terlebih dahulu. Nat keramik berfungsi untuk mengisi sela yang kosong pada jarak antar keramik.

Anda perlu menggunakan suatu alat yang memiliki permukaan datar pada saat mengoleskan nat keramik. Hal ini digunakan agar sela-sela keramik terisi penuh secara merata di setiap keramiknya. Setelah selesai mengaplikasikan nat pada keramik, Anda perlu mendiamkannya agar nat keramik meresap dan mengering. Apabila nat keramik sudah didiamkan sekitar 5-15 menit, Anda bisa membersihkannya dengan spons yang bersih dan tidak basah.

Sebagai saran, dalam pengaplikasian nat keramik harus dipastikan bahwa tidak ada rongga udara atau keramik yang terlepas. Dengan begitu, Anda sudah selesai memasang keramik tanpa menggunakan tenaga bantuan tukang bangunan. Pemasangan keramik bisa dilakukan dengan menyenangkan, asalkan bisa dilakukan bersama anggota keluarga sekaligus melatih kerjasama. Selamat mencoba berbagai tips mengenai cara memasang keramik lantai rumah yang benar seperti yang barusan Anda pelajari.

Salam, Bangunrenov ( Jasa Kontraktor )

 

March 24th, 2019|Tips|Comments Off on 5 Cara Memasang Keramik Lantai di Rumah Tanpa Bantuan Tukang