WeCreativez WhatsApp Support
PT. Bangun Renov Indonesia
Perlu bantuan ?
  • Harga Jual Turun? Hindari 5 Cara Renovasi Rumah Berikut

Harga Jual Turun? Hindari 5 Cara Renovasi Rumah Berikut

Melakukan renovasi rumah adalah bagian dari pemeliharaan tempat tinggal dengan memperbaiki beberapa bagian yang dirasa sudah terlalu tua, rusak atau tidak lagi indah untuk dipandang. Akan tetapi renovasi juga terkadang dilakukan untuk menambah atau mengurangi suatu ruang demi mendapatkan bentuk rumah yang diinginkan atau diidamkan.

Kegiatan merenovasi rumah juga sering dilakukan saat sebuah rumah akan dijual dengan tujuan untuk menambah nilai atau harga jual sehingga laku dengan harga yang lebih tinggi. Akan tetapi tahukah anda jika beberapa cara renovasi rumah ada yang justru bisa menurunkan nilai jual? Yang artinya anda justru akan mendapatkan penawaran harga yang jauh lebih rendah dari yang anda tawarkan sebelumnya. Renovasi apa sajakah itu?

5 Cara Renovasi Rumah yang Sebaiknya Dihindari

Bukan berarti anda tidak diperbolehkan untuk merenovasi atau memperbarui bagian-bagian rumah anda. Akan tetapi ada baiknya jika anda memperhatikan setidaknya lima cara renovasi rumah yang sebaiknya dihindari agar harga jual rumah anda tidak turun. Hal ini berkaitan juga dengan selera dan juga hobi dari si pemilik rumah.

Pemilik rumah biasanya memiliki suatu hobi atau kesenangan yang bisa berpengaruh dengan seleranya. Apa yang dianggap lebih baik menurut selera anda bukan berarti juga terlihat lebih bagus untuk orang lain. Jika ingin menjual rumah, sebaiknya anda mengikuti selera orang pada umumnya atau mengikuti tren yang sedang ada di pasaran agar terlihat lebih general. Lantas hal apa sajakah yang sebaiknya dihindari saat merenovasi rumah?

  • Mengurangi Jumlah Ruangan yang Ada di dalam Rumah

Melakukan renovasi dengan mengurangi jumlah ruangan yang ada di dalam rumah bisa menurunkan nilai jual atau menurunkan harga jual rumah. Kebanyakan calon pembeli akan menanyakan jumlah ruangan yang ada di dalam rumah tersebut. Seperti contohnya ada berapa kamar tidur, berapa kamar mandi dan sebagainya.

Jika anda berpikir akan menggabungkan dua ruangan menjadi satu agar terlihat lebih luas, bisa saja hal ini justru menurunkan harga jualnya. Karena jumlah ruangan pada rumah anda menjadi berkurang, meski ukurannya lebih luas. Calon pembeli juga umumnya menginginkan jumlah ruangan yang lebih banyak bukan hanya untuk tempat istirahat tapi juga digunakan untuk tempat penyimpanan dan sebagainya.

  • Ruang Hobi

Melakukan perbaikan atau renovasi pada bagian rumah dengan menambahkan ruang hobi rasanya tidak begitu perlu. Jika tujuan renovasi rumah adalah untuk dijual, menambahkan ruang hobi akan terasa sia-sia. Calon pembeli pastinya memiliki selera yang berbeda dengan anda, ketika anda melakukan renovasi dengan menambahkan ruang karaoke sementara tidak semua orang senang karaoke maka hal ini akan sia-sia.

Jika calon pembeli anda merasa ruang karaoke tidak perlu, bisa jadi ia menawar rumah dengan harga yang lebih rendah dengan alasan akan melakukan renovasi ulang untuk mengalih fungsikan ruang karaoke menjadi ruang lainnya yang menurutnya lebih berguna.

  • Renovasi Rumah dengan Gaya dan Fasilitas Kelas Atas

Melakukan renovasi besar-besaran dengan gaya dan fasilitas kelas atas tidak akan membuat harga jual rumah anda menjadi naik. Bisa jadi pembeli justru akan berpikir dua kali karena harga bangunan yang dianggap terlalu tinggi. Ketika akan menjual rumah, ada dua hal yang dihitung yaitu luas tanah dan juga harga bangunannya.

Anda harus bersikap bijak dengan tidak membuang-uang uang terlalu banyak demi menarik hati pembeli tapi justru bisa saja anda yang merugi. Lakukan renovasi seperlunya di mana hanya memperbaiki bagian-bagian yang dirasa rusak atau tak lagi indah untuk dipandang saja.

( Baca Juga : 6 Benefit Menggunakan Jasa Renovasi Rumah yang Profesional )

  • Penambahan Aksen atau Aksesoris Berlebihan

Ingatlah bahwa tidak semua orang memiliki selera atau hobi yang sama dengan anda. Melakukan renovasi berlebihan dengan menambahkan kustomisasi penambahan aksen dan juga aksesoris yang berlebihan justru bisa menurunkan nilai jual karena calon pembeli ingin merenovasi ulang rumah yang dibelinya yang pastinya juga perlu biaya.

Beberapa kustomisasi renovasi yang dirasa tidak perlu adalah seperti penambahan patung, arca ataupun pembuatan taman dengan batu-batuan buatan yang terlalu berlebihan. Calon pembeli umumnya ingin mendapatkan rumah yang sesuai dengan selera mereka jadi penambahan aksen-aksen tersebut dirasa tidak begitu penting.

  • Penambahan Tampilan Buatan Sendiri yang Berlebihan

Tidak masalah jika anda ingin menyalurkan kreativitas dengan membuat beberapa benda. Akan tetapi jika anda berniat untuk menjual rumah, rasanya melakukan renovasi pada rumah dengan tangan sendiri tak perlu terlalu berlebihan, kecuali anda memang ahli dibidang tersebut.

Di atas adalah beberapa hal dalam kegiatan cara renovasi rumah yang sebaiknya tidak dilakukan ketika anda berniat ingin menjual rumah tersebut. Kelima hal di atas justru dapat menurunkan harga atau nilai jual rumah menjadi lebih rendah dari yang anda tawarkan.

Salam,

Jasa Renovasi Rumah Bangunrenov

September 20th, 2019|berita|Comments Off on Harga Jual Turun? Hindari 5 Cara Renovasi Rumah Berikut