WeCreativez WhatsApp Support
PT. Bangun Renov Indonesia
Perlu bantuan ?
  • 6 Taktik Jitu Merapikan Rumah Jadi Praktis dan Irit Tenaga

6 Taktik Jitu Merapikan Rumah Jadi Praktis dan Irit Tenaga

Rumah yang bersih, rapi dan indah menjadi rumah yang diinginkan setiap orang. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak memberi perhatian khusus, pada cara tepat dalam merapikan rumah. Padahal dengan mengetahui apa saja taktik dalam membenahi rumah, maka anda bisa menghemat tenaga dan membuat rumah menjadi lebih rapi dan lebih indah dalam waktu yang lama.

Berikut Taktik Merapikan Rumah Bikin Tenaga lebih Hemat dan Efisien


1. Mengecek sistem yang anda miliki

Bila anda telah selesai merapikan rumah, tetapi masih tampak berantakan maka kini saatnya untuk membenahi sistem pengaturannya. Yang pertama adalah, singkirkan barang-barang yang sudah tidak berguna atau sudah tidak digunakan. Kemudian kumpulkan barang menurut penggunaannya, dan simpan barang itu di kontainer yang terbuka.

Saat anda memilih tempat penyimpanannya, sebaiknya pilih tempat yang bentuknya persegi. Karena bentuk persegi lebih menghemat tempat dibanding bentuk yang melingkar. Sesudah semua barang itu memiliki tempat, beri nama di masing-masing tempat tersebut.

Usahakan semua anggota keluarga mengetahui tentang sistem pengaturan penyimpanan tempat ini. Supaya mereka juga bisa membantu mengembalikan barang pada tempatnya, dan menjaga keteraturan yang ada di rumah.

2. Membuat laci yang teratur

Jangan sampai tempat tersembunyi yang ada di rumah anda menjadi sarang untuk menumpuk barang. Sebaiknya anda membuat laci yang tetap dan teratur, sehingga isinya tidak akan menumpuk. Caranya yaitu dengan memisahkan bagian di dalam laci, dengan beberapa kontainer yang mungil. Anda juga bisa memisahkan barang itu, sesuai dengan kegunaannya.

3. Membuat tempat penyimpanan barang yang mudah diraih

Perhatikan kembali lokasi atau tempat anda menyimpan barang-barang. Misalnya untuk beberapa barang yang sering anda gunakan, sebaiknya simpan di tempat atau lokasi yang mudah untuk diraih. Sebaliknya bagi beberapa barang yang jarang digunakan bisa disimpan di tempat yang agak tinggi misalnya.

Atau anda bisa membuat tempat penyimpanan yang juga mudah diraih, sehingga barang yang sering digunakan itu selalu disimpan dengan teratur setelah digunakan. Kebanyakan orang beranggapan ini adalah hal yang sepele. Dalam trik merapikan rumah, apabila cara ini tidak dilakukan, akan membuat tatanan ruangan anda semakin tidak teratur.

4. Jangan terburu-buru membeli tempat penyimpanan

Pada saat ingin merapikan rumah, kebanyakan orang sering menyediakan tempat penyimpanan barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Padahal anda harus bisa mengevaluasi diri anda sendiri, dalam menyimpan barang tersebut.

Sebaiknya ingat selalu aturan 80/20, yang artinya orang-orang hanya menggunakan sekitar 20% barang yang dimiliki di dalam rumah. Sedangkan 80% sisanya hanya digunakan sesekali saja. Dengan mengingat peraturan tersebut, maka anda akan menyadari bahwa banyak barang yang sudah tidak diperlukan lagi.

(Baca juga : 5 Tanaman Terfavorit Ini Ciptakan Udara Sehat dalam Rumah)

5. Jika rumah sudah terlalu penuh, hal itu sudah merupakan tanda.

Setelah anda menyediakan tempat untuk menyimpan berbagai macam barang, maka anda juga harus mengetahui dengan pasti kapan anda harus menyingkirkan barang-barang tersebut. Contohnya saat anda memiliki tempat yang khusus untuk menyimpan majalah, dan majalah tersebut lama-lama semakin banyak maka anda sudah harus menyingkirkan majalah tersebut.

6. Menyingkirkan kesempatan untuk menumpuk barang

Ada beberapa tempat atau lokasi di dalam rumah anda, yang memiliki potensi untuk menjadi tempat menumpuknya barang. Misalnya meja makan, meja di dekat pintu masuk rumah, dan meja dapur.

Sebaiknya anda menyingkirkan kesempatan untuk menumpuk atau menyimpan barang-barang di tempat tersebut. misalnya saja ketika anda cenderung memenuhi meja makan dengan tumpukan barang, atau ketika anda akan menyimpan beberapa barang di meja-meja tersebut.

Maka anda bisa memberi centerpiece di bagian tengahnya. Ingatlah lagi, bahwa semakin lama, barang itu hanya akan semakin menumpuk. Biasakan untuk tidak menyisakan space di tempat tersebut dan tidak menyimpan terlalu banyak barang di sana.

Demikianlah taktik mudah dan menghemat tenaga dalam merapikan rumah yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan bisa Anda terapkan langsung di rumah.

Salam, Bangunrenov ( Jasa Kontraktor Rumah )

May 2nd, 2019|berita|Comments Off on 6 Taktik Jitu Merapikan Rumah Jadi Praktis dan Irit Tenaga