5 Trik Praktis & Hemat Cara Membuat Rumah Harum Lebih Lama

5 Trik Praktis & Hemat Cara Membuat Rumah Beraroma Harum Lebih Lama

Cara membuat rumah harum – Rumah yang indah, bersih dan wangi tentu akan membuat setiap penghuninya merasa nyaman dan betah. Karena selain sebagai kebutuhan dasar setiap manusia.

Dekorasi rumah dan aromanya juga dapat memengaruhi setiap penghuninya. Tahukah anda bahwa setiap rumah ternyata memiliki aroma tersendiri, yang akan tercium ketika kita memasukinya.

Aroma tersebut bisa berasal dari mana saja. Misalnya dari ruang tamu, dapur, ruang keluarga, kamar dan lain sebagainya.

Tetapi sayangnya tidak setiap rumah memiliki aroma yang menyenangkan, ada pula rumah yang aromanya tak sedap.

Sehingga membuat penghuni rumah tersebut menjadi tidak nyaman, hal itu juga akan membuat malu penghuni rumah saat ada tamu yang berkunjung.

Oleh sebab itu kami memberikan beberapa tips dan trik yang menarik  cara membuat rumah harum lebih lama.

Tips Cara Membuat Rumah Beraroma Harum Lebih Lama

 

1. Membuat stoples yang memiliki aroma

Trik khusus dalam membuat rumah kembali beraroma wangi adalah dengan membuat stoples, yang juga memiliki aroma yang wangi. Anda bisa menggunakan stoples yang ukurannya besar dan terbuat dari bahan batu.

Setelah itu anda bisa menuangkan air yang mendidih ke dalam stoples tersebut, lalu masukkan beberapa jenis bahan pilihan.

Misalnya memasukkan kayu manis dan apel yang sudah mengering. Setelah itu akan muncul aroma yang wangi yang akan tercium sampai ke seluruh rumah.

Cara ini cukup ampuh dalam menghilangkan bau tak sedap, yang muncul di rumah anda.

2. Menempatkan lilin

Tips cara membuat rumah beraroma harum berikutnya adalah Lilin. Lilin memiliki banyak fungsi, bukan hanya sebagai penerang ketika listrik mati di rumah.

Tetapi anda juga bisa menggunakan lilin untuk mendapat aroma yang wangi di dalam rumah.

Baca Juga :  9 Inspirasi Dapur Rumah Cantik & Mudah Ditiru Cocok Bagi Hobi Masak

Menempatkan lilin dengan bau yang harum, adalah cara yang jitu untuk membuat rumah selalu wangi. Namun gunakan strategi yang tepat agar cara ini lebih efisien.

Anda bisa menempatkan lilin di beberapa tempat yang menurut anda cocok, atau tempat yang anda sukai. Tapi tidak perlu menyalakannya.

Misalnya pada lemari, setelah itu lapisi bagian lemari dengan kain linen atau anda juga bisa meletakkan kain tersebut di bagian rumah yang mana saja, yang tentu mampu menyerap bau yang tidak enak di dalam rumah.

Anda akan merasakan kejutan yang menyenangkan setiap kali membuka bagian lemari anda.

Bahkan kain linen tersebut akan memberikan aroma yang wangi, ke mana pun anda pergi membawanya.

3. Menyimpan anggrek / bunga geranium

Ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa hidup di dalam ruangan, yang bukan hanya membersihkan udara di sekitar rumah.

Tetapi juga bisa menimbulkan wewangian yang memancar ke seluruh rumah. Selain membuat rumah anda menjadi harum, rumah juga akan terasa lebih segar.

Beberapa jenis tanaman yang bisa anda gunakan diantaranya yaitu korsase, bunga geranium, ekaliptus, melati, gardenia, oregano dan lain sebagainya.

4. Merebus ramuan lavender

Cara membuat rumah beraroma harum berikutnya adalah membuat ramuan lavender.  Ramuan sudah dikenal sejak dahulu menjadi sesuatu yang memiliki banyak manfaatnya.

Salah satunya adalah ramuan untuk membuat rumah anda beraroma wangi.

Caranya mudah, anda hanya tinggal merebus air di panci kecil lalu diisi dengan irisan jeruk, bermacam rempah, misalnya lavender atau mint.

Uap panas yang keluar dari dalam panci akan menimbulkan aroma wangi, yang menembus ke seluruh bagian rumah anda.

Cara ini tidak hanya dilakukan untuk kehidupan sehari-hari, tetapi bisa dicoba ketika menyambut tamu saat mengadakan pesta kecil dengan keluarga di rumah.

Baca Juga :  4 Jenis Batu Alam Bernuansa Mewah Mempercantik Bangunan Rumah

5. Membersihkan saluran pembuangan air

Jika muncul bau tak sedap di dalam rumah, anda bisa memeriksa bagian westafel misalnya di kamar mandi atau di dapur. Lalu periksa bagian dalam westafel tersebut.

jika memang tercium bau dari sana, anda bisa menyemprotkan sedikit saja sabun cuci piring dengan aroma lemon ke dalam pembuangan air itu, lalu keluarkan air dari keran.

Atau masukkan kulit lemon dan jeruk nipis di saluran pembuangan tersebut, kemudian siram dengan air yang banyak. lakukan pembersihan secara berkala agar tidak menyumbat.

6. Memanggang makanan di oven

Makanan yang baru keluar dari oven selalu menimbulkan bau yang enak di hirup, misalnya ketika anda membuat suatu acara di rumah dengan keluarga atau teman-teman.

Lalu memanggang kue dengan oven, wanginya yang khas sangat menggugah selera. Untuk membuat rumah anda tetap dalam keadaan wangi, maka anda bisa mencoba memanggang makanan yang sederhana saja.

Misalnya roti dengan isi kayu manis atau roti pisang atau makanan lainnya yang cara membuatnya simpel saja.

Dengan aroma yang berasal dari panggangan kue atau roti tersebut, maka rumah anda akan menjadi lebih wangi.

Bahkan aromanya yang sedap akan tercium sampai ke seluruh rumah dan tamu yang datang atau berkunjung ke rumah pun akan merasa betah karena beraroma sedap di rumah anda.

================================

Berikut penjelasan trik sederhana cara membuat rumah harum dan segar lebih lama.

Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi anda dan keluarga.

Salam,

Team Bangunrenov